Cara Menulis Puisi: Kiat Pemula dari Penyair yang Diterbitkan 2022 – Pernah bertanya-tanya bagaimana cara menulis puisi? Untuk penulis yang ingin menggali lebih dalam, menulis sajak memungkinkan Anda menyaring pasir pengalaman Anda untuk secercah wawasan baru. Dan jika Anda melakukannya untuk alasan yang tidak terlalu tinggi, membentuk bait dari awal hingga akhir dapat mengajari Anda untuk bersenang-senang dengan bahasa dengan cara yang benar-benar baru.

Untuk membantu mengungkap seni halus menulis syair, kami mengobrol dengan editor Reedsy (dan penyair yang diterbitkan) Lauren Stroh. Bersama-sama, kami telah menyusun 8 langkah ini untuk cara menulis puisi:

Cara Menulis Puisi: Kiat Pemula dari Penyair yang Diterbitkan 2022

Pikirkan Titik Awal Anda

Jika Anda berjuang untuk cara menulis puisi Anda secara berurutan dari baris pertama hingga terakhir, trik yang baik adalah membuka dengan titik awal mana pun yang dapat digunakan otak Anda saat ia belajar berpikir dalam syair.

Titik awal Anda bisa berupa baris atau frasa yang ingin Anda kerjakan ke dalam puisi Anda, meskipun tidak harus berbentuk bahasa sama sekali. Itu mungkin gambaran di kepala Anda, sekhusus ikal rambut di telinga putri Anda saat dia tidur, atau seluas laut. Itu bahkan bisa menjadi perasaan rumit yang ingin Anda render dengan presisi — atau mungkin itu adalah memori yang Anda kembalikan lagi dan lagi. Pikirkan titik awal ini sebagai “mengapa” di balik puisi Anda, dorongan Anda untuk menulisnya sejak awal.

Jika Anda khawatir titik awal Anda tidak cukup besar untuk mendapatkan keseluruhan puisi, berhentilah di situ. Bagaimanapun, raksasa sastra telah memeras ayat dari setiap topik di bawah matahari, dari kekecewaan pasca-Odyssey Odysseus hingga buah prem dingin yang dimakan secara ilegal.

Seperti yang dilihat Lauren Stroh, pengalaman Anda lebih dari layak untuk diabadikan dalam syair.

“Saya pikir cara menulis puisi yang paling sukses mengartikulasikan sesuatu yang benar tentang pengalaman manusia dan membantu kita melihat dunia sehari-hari dengan cara baru dan menarik.”

Baca Juga; Apa yang Dimaksud Puisi? 2022 

Tulis Bebas dalam Prosa Terlebih Dahulu

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi jika Anda kesulitan menulis baris yang beresonansi, mungkin mulailah dengan menulis prosa terlebih dahulu. Luangkan waktu ini untuk mempelajari gambaran, perasaan, atau tema di jantung puisi Anda, dan belajar untuk menjabarkannya dengan bahasa. Beri diri Anda kesempatan untuk merenungkan hal-hal sebelum benar-benar cara menulis puisi.

Luangkan waktu 10 menit dan tuliskan apa pun yang terlintas dalam pikiran ketika Anda memikirkan titik awal Anda. Anda dapat menulis dalam paragraf, mencoret poin-poin, atau bahkan membuat sketsa peta pikiran. Tujuan latihan ini bukan untuk menghasilkan garis besar: ini untuk menghasilkan kumpulan bahan mentah, repertoar fragmen yang terhubung secara longgar untuk digunakan saat Anda menyusun puisi Anda dengan sungguh-sungguh.

Diamkan kritik batin Anda untuk saat ini
Dan karena ini adalah bahan mentah, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menyensor sendiri. Dapatkan diri Anda mencemooh pergantian frasa, terlalu memikirkan perangkat retoris, atau menggerutu secara mental, “Metafora ini tidak akan pernah berhasil menjadi draf akhir”? Katakan pada kritikus batin itu untuk diam untuk saat ini dan tetap mencatatnya. Anda mungkin bisa memperbaiki ide yang ceroboh dan tidak masuk akal itu menjadi garis yang tajam dan pedih.

Pilih Bentuk dan Gaya Puisi Anda

Apakah Anda telah menulis bebas menuju awal atau Anda memiliki beberapa baris yang ditulis, sebelum Anda menyelesaikan seluruh draf pertama puisi Anda, luangkan waktu untuk memikirkan bentuk dan gaya.

Bentuk puisi sering membawa banyak makna di luar “aturan” struktural yang ditawarkan penulis. Pola rima soneta — dan pengaruh Shakespeare atas bentuknya biasanya cocok untuk pernyataan cinta yang penuh gairah, baik riang maupun suram. Di sisi lain, puisi akrostik seringkali lebih nakal karena makna rahasia yang tersembunyi di depan mata.

Bahkan jika materi Anda meminta puisi tanpa batasan formal, Anda tetap harus memutuskan tekstur dan nada bahasa Anda. Bagaimanapun, sajak bebas memiliki bentuk yang beragam seperti novel, mulai dari maksimalisme Walt Whitman yang terengah-engah hingga penghematan yang keren dari H.D. Di mana, pada spektrum ini, puisi Anda akan jatuh?

Memilih bentuk dan nada untuk puisi Anda sejak dini dapat membantu Anda bekerja dengan semacam struktur untuk memberi lebih banyak makna pada baris Anda. Dan jika Anda telah menggunakan tulisan bebas untuk menghasilkan beberapa bahan mentah untuk diri Anda sendiri, sebuah struktur dapat memberi Anda panduan yang Anda butuhkan untuk mengatur catatan Anda menjadi sebuah puisi.

Baca untuk Inspirasi

Puisi bukanlah buku nonfiksi atau novel sejarah: Anda tidak perlu mengumpulkan banyak penelitian untuk menulis yang bagus. Konon, sedikit membaca di luar dapat mencegah blok penulis dan membuat Anda tetap terinspirasi selama proses penulisan.

Buat silabus pendek yang dipersonalisasi di sekitar bentuk dan subjek puisi Anda. Katakanlah Anda sedang menulis puisi bebas yang kaya secara indrawi dan linguistik tentang hubungan kecemburuan timbal balik antara ibu dan anak perempuan. Dalam hal ini, Anda akan ingin membaca beberapa cara menulis puisi kunci Imagist, di samping beberapa puisi yang menggambarkan visi rumit menjadi orang tua dalam istilah yang tidak sentimental.

Menulis untuk Satu Audiens Anda

Bahkan dengan persiapan, tekanan untuk benar-benar menghasilkan syair masih dapat membangkitkan metrofobia batin Anda (atau ketakutan akan puisi). Bagaimana jika orang tidak mengerti atau bahkan salah menafsirkan apa yang Anda coba katakan? Bagaimana jika mereka tidak tertarik dengan pekerjaan Anda? Untuk menjaga kecemasan “Saya benar-benar percaya bahwa penyair dapat menentukan validitas kesuksesan mereka sendiri jika mereka diubah oleh karya yang mereka hasilkan sendiri; jika mereka ditantang olehnya; atau jika itu mempertanyakan etika mereka, kebiasaan mereka, atau hubungan mereka dengan dunia. dunia yang hidup. Dan secara pribadi, hidup saya pasti telah diubah oleh garis-garis tertentu saya memiliki keberanian untuk berpikir dan kemudian menulis dan saat-saat itu adalah ketika saya merasa paling seperti saya telah berhasil.”

Anda mungkin akhirnya memoles pekerjaan Anda jika Anda memutuskan untuk menerbitkan puisi Anda di telepon. (Jika Anda melakukannya, periksa panduan ini untuk tip dan daftar majalah yang harus Anda kirimkan.) Tetapi saat draf pertama Anda menyatu, perlakukan itu seperti itu dimaksudkan untuk mata Anda saja.

Baca puisimu dengan lantang

Puisi yang bagus tidak harus indah: mungkin keindahan melodi yang mudah bukanlah tujuan Anda. Namun, itu harus menjadi hidup di halaman dengan ritme yang dibuat secara sadar, apakah seperti himne atau sumbang. Untuk mencapainya, baca puisi Anda dengan lantang — pertama, baris demi baris, dan kemudian semuanya bersama-sama, sebagai teks lengkap.

Mencoba setiap baris di telinga Anda dapat membantu Anda menimbang pilihan antara sinonim — membuat Anda memperhatikan, katakanlah, suara encer dari “glasial”, kerapuhan “es”, soliditas “dingin”.

Membaca dengan keras juga dapat membantu Anda memecahkan masalah jeda baris yang terasa tidak benar. Apakah antreannya panjang secara tidak wajar, memaksa Anda untuk terburu-buru melewatinya atau berhenti di tengah untuk menarik napas dengan tergesa-gesa? Jika demikian, apakah Anda menyukai efek destabilisasi itu, atau apakah Anda benar-benar ingin memberi ruang bagi pembaca untuk bernapas? Menguji variasi ini dengan lantang mungkin merupakan satu-satunya cara untuk menjawab pertanyaan seperti ini.